Mengatasi Dana Pilgub 2013 itu Mudah

KETUA FRAKSI  Partai Demokrat DPRD Lampung Toto Herwantoko punya pemikiran menarik mengenai angaran Pilgub Lampung 2013 yang hingga saat ini semakin”jlimet”.  Toto memang termasuk senior dikalangan politisi DPRD Lampung, Selain pernah menjabat ketua Demokrat Lampung, jam terbangnya pun sebagai wakil rakyat sudah cukup panjang.

Toto yang pintar golf dan berlatar-belakang bisnis itu, juga pernah beberapa kali pindah dari satu komisi ke komisi lain di parleman. Sehingga, dinyakini punya pengalaman jika terjadi silangsengkarut lalulintas anggaran APBD di DPRD. Bagaimana formulanya, berikut petikanya.

Anda yakin dana Pilgub itu sebetulnya bisa diwujudkan ?
Ya. ada dua opsi yang bisa dilaksanakan untuk menyudahi silang sengkarut permasalahan anggaran Pilgub Lampung. Opsi pertama, Pemprov Lampung harus mau meminjam dana kepada pihak ketiga untuk menutupi defisit anggaran.

Jika pemprov tidak bersedia meminjam, maka Dewan bersama-sama Pemprov harus berani ambil pilihan untuk bagaimana caranya diupayakan pergeseran mata anggaran. Atau istilahnya melakukan rasionalisasi. Pergeseran hanya bisa dilakukan di anggaran perubahan.

Pilgub tak bisa digelar, karena Pemprov berkelit telah terjadi defisit anggaran saat ini ?
Ya, kalau anggarannya tidak mencukupi harus ada yang ditunda dong. Harus ada yang ngalah, mana yang harus didahulukan.

DPRD sangat memahami kesulitan Pemprov Lampung mengalokasikan dana pilgub. Selain angka defisit yang begitu besar, yakni mencapai Rp361 miliar, juga APBD Perubahan pun ternyata yang kami dengar tidak mencukupi.

Apa yang sudah dikerjakan DPRD ?
Saat ini baru sebatas membahas Laporan Hasil Penelitian (LHP) BPK. Setelah itu, Banang (Badan Anggaran) DPRD juga akan melihat Daftar Penggunaan Anggarannya. Jika semua sudah dilihat, maka akan diketahui dan dibahas di tingkat dewan.

Saya yakin, anggaran Pilgub Lampung pasti terakomodir ke dalam APBD Perubahan 2013.  Pembahasannya memang belum dilakukan, karena Pemprov Lampung belum mengusulkan. (IL-2/kpt)

Baca Juga :

Share on :

0 komentar for Mengatasi Dana Pilgub 2013 itu Mudah

Leave comment

More on this category »

:: JADWAL IMSAKIYAH LAMPUNG ::

2013 inilampungdotcom. All Rights Reserved. - Designed by xDesign