Lagi, Jadwal Pilgub Maju Mundur

Wah, polemik pemilihan gubernur Lampung terus saja bergulir. Kali ini, kembali Gubernur Lampung Sjachroedin ZP menegaskan pemungutan suara pemilihan gubernur tidak mungkin digelar Oktober tahun 2013, mengingat pendanaannya tidak dianggarkan pada APBD Lampung 2013.

 "Jika dianggarkan pada APBD Perubahan 2013 ini, juga tidak mungkin pilgub digelar pada Oktober 2913, mengingat mepet waktu pembahasan anggaran tersebut," kata Sjachroedin, usai buka bersama warga dan sejumlah organisasi masyarakat Lampung, di Bandarlampung, Rabu malam.

 Dia menyatakan persetujuannya pilgub Lampung untuk digelar, tapi tidak mungkin dilaksanakan pada Oktober tahun ini, dengan alasan di atas. Menurutnya, penyelenggara pilgub itu (KPU, Red) seharusnya mengajukan dahulu permintaan anggaran kepada pemerintah daerah untuk selanjutnya dibahas bersama dengan DPRD setempat.

"Jangan langsung minta dana sekian ratus miliar rupiah. Prosedurnya tidak seperti itu, ada tahapannya, mengingat ini merupakan uang rakyat," kata dia pula.

 Sementara itu, bakal calon gubernur Lampung Berlian Tihang mengatakan wewenang pelaksanaan pilgub Lampung itu saat ini berada di tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Waktu pelaksanaan pilgub masih belum menemui titik temu. Belum ada hasil," kata Berlian yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Lampung itu lagi.

Sebagai salah satu bakal calon gubernur, lanjut dia, pihaknya mengikuti kapan pun waktu pelaksanaannya, tetapi untuk digelar Oktober 2013 sepertinya kecil kemungkinan mengingat pendanaannya belum tersedia.

 Berkaitan adanya kisruh di dalam internal PDI Perjuangan berkaitan pencalonan gubernur itu, dia enggan menanggapinya.  Namun, ketika ditanya pengaruhnya terhadap perolehan suaranya dalam pilgub nanti dia pun berkomentar singkat. "Ada, tapi tidak banyak. Paling hanya beberapa orang saja," ujarnya pula.

Sebelumnya, bakal calon wakil gubernur Lampung Mukhlis Basri yang merupakan pasangan Berlian Tihang, membantah adanya gejolak di tubuh internal PDI Perjuangan Lampung terkait pencalonan Herman HN sebagai bakal calon gubernur yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) padahal Wali Kota Bandarlampung ini adalah kader PDI Perjuangan.

"Saya ini kader, saya ikut membangun PDI Perjuangan di Lampung. Jadi saya tegaskan, tidak ada gejolak di Lampung ini, tidak ada perpecahan," ujarnya lagi.

Ia mengatakan bahwa sebelum keluar rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu, para kader partai tersebut saling mendukung para calon.

"Saya paham betul dengan orang PDI Perjuangan, sebelum dikeluarkan rekomendasi mereka memang bisa bertabur dukungan calon lain, itu biasa bagi PDI Perjuangan. Mereka ini `kan banteng, berada di mana-mana tapi tidak ke mana-mana. Di situlah mereka lepas untuk mencari makan masing-masing, tapi begitu rekomendasi keluar mereka masuk kandang kembali tanpa perintah," ujar Bupati Lampung Barat itu menggambarkan kondisi dinamika dalam PDI Perjuangan itu pula.

 Menurut dia, kader PDI Perjuangan diwajibkan untuk menjaga dan mengamankan keputusan partai.  "Ada juga kader yang membelot, tapi persentasenya kecil sekali," kata dia menambahkan.

Baca Juga :

Share on :

0 komentar for Lagi, Jadwal Pilgub Maju Mundur

Leave comment

More on this category »

:: JADWAL IMSAKIYAH LAMPUNG ::

2013 inilampungdotcom. All Rights Reserved. - Designed by xDesign